Kamis, 27 Maret 2008

KATA PENGANTAR

Kata Pengantar

Dengan berkembangnya teknologi informasi, akuntansi juga mengalami perkembangan. Dari pencatatan manual berkembang ke pencatatan terkomputerisasi. Perkembangan ini bernilai positip karena dewasa ini peran informasi yang dihasilkan catatan akuntansi semakin besar. Dengan kata lain informasi yang ingin dicapai adalah informasi yang semakin cepat dan semakin akurat. Hal ini sulit dicapai dalam akuntansi manual karena kemungkinan kesalahan yang bersifat human error dari pekerjaan yang berulang cukup tinggi.
Idealnya program akuntansi dibuat khusus sesuai kondisi perusahaan tetapi kendalanya adalah biaya pembuatannya yang cukup tinggi. Bagi perusahaan kecil-menengah program yang sudah jadi merupakan pilihan. Dari sekian banyak program akuntansi yang sudah jadi Myob Accounting Software merupakan salah satu pilihan utama karena user friendly dan mempunyai fasilitas yang cukup lengkap.
Buku ini merupakan panduan praktis pencatatan akuntansi dengan menggunakan Myob Premier 9. Salah satu alasan kenapa penulis memilih Myob Premier karena Myob Premier ini bisa digunakan bersama-sama dalam jaringan (multi user). Dengan demikian cocok digunakan untuk departemen akuntansi yang terdiri dari beberapa orang dengan tugas yang berbeda.
Myob Accounting Software dapat dipelajari tanpa pengetahuan tentang akuntansi. Namun hal itu ibarat Anda menjelajahi rimba-belantara tanpa disertai dengan peta dan kompas. Bisa saja Anda selamat mencapai tujuan tetapi bila disertai dengan peta dan kompas Anda akan lebih mudah mencapai tujuan. Begitu pula halnya dengan Myob Accounting Software, apabila Anda cukup memahami akuntansi maka Anda akan lebih mudah memahami bagaimana program ini bekerja untuk Anda.
Pada buku ini disertakan contoh kasus penerapan Myob Premier pada perusahaan industri untuk dua jenis tipe produksi yang berbeda. Pada bab 2 memuat bagaimana penerapan Myob Premier untuk perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan (job order costing). Termasuk di dalamnya pencatatan atas kasus khusus seperti sisa bahan (scrap material), produk cacat, produk rusak dan sebagainya. Pada bab 3 memuat penerapan Myob Premier untuk perusahaan yang berproduksi massa (process costing).
Alasan penulis menyertakan penerapan Myob Premier untuk perusahaan industri adalah karena belum ada buku yang memuatnya. Kalau pun ada tidak membedakan karakteristik produksi antara job order costing dan process costing. Selain itu berdasarkan pada pengalaman penulis banyak perusahaan yang keliru menerapkan metode pencatatan. Metode yang tepat untuk process costing diterapkan pada perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan. Hal ini terjadi mungkin karena kurang memahami akuntansi biaya atau karena ketidaktahuan bagaimana menerapkannya ke dalam catatan terkomputerisasi. Kesalahan penerapan metode pencatatan akan berakibat tidak tersedianya informasi yang diperlukan.
Buku ini dapat dipakai bagi Anda dari kalangan dunia usaha yang ingin mempelajari pencatatan dengan Myob Premier secara umum atau yang ingin memperdalam Myob Premier untuk perusahaan industri. Kedua, bagi mahasiswa jurusan akuntansi yang ingin mempelajari pencatatan akuntansi secara terkomputerisasi. Buku ini dapat pula dijadikan sebagai panduan untuk praktika akuntansi biaya dengan Myob Premier sebagai tool.
Penulis berharap semoga buku ini dapat bermanfaat. Namun, penulis menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangan. Saran maupun kritik dari pembaca sangat penulis harapkan sebagai bahan masukan. Pertanyaan, saran maupun kritik dapat dikirim melalui email syarief_id1980@yahoo.co.id atau lewat telepon 0815-6018276.
Terakhir penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penulisan buku ini: Aptech Computer Education dan LPAP Universitas Widyatama yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengembangkan materi pengajaran Myob Premier. Myob Authorized Traning Centre – Indonesia yang telah memberikan Myob Premier Trial Version. Keluarga Besar H. Sukarta 18 yang telah memberikan semangat, dorongan dan doa kepada penulis. Istriku Irla dan anakku Amel yang telah mengorbankan waktu dan kondisi yang kondusif agar penulis dapat menyelesaikan penyusunan buku ini. Rekan-rekan pengajar STIE Tridharma. Sahabat-sahabat penulis, Ruhyat Suryana dan Indra Ihsan yang telah memberikan masukan dan bahan-bahan untuk penulisan buku ini. Para mahasiswa dan peserta pelatihan Myob serta pihak-pihak lain yang tak mungkin disebutkan satu persatu yang telah memberikan inspirasi bagi penulis.


Bandung Januari 2007



Syarief Hidayat, SE

1 komentar:

heddry Blog mengatakan...

pagi pak.. saya mo tanya dimana saya bisa membeli buku anda.. mohon informasinya